Monday, September 29, 2014

Sangjit - Perkenalan

Let's write something fun dari segala persiapan nikah yang bikin bokek melelahkan ini, which is... Sangjit! Yaaay! *tebar glitter*

source

Sangjit adalah sebutan untuk seserahan dalam adat Chinese. Bedanya dengan seserahan, Sangjit ini sebagian besar udah diatur komponen-komponennya. Kalo seserahan kan bebas tuh, suka-suka capeng-nya aja. Iriii.

Tapi ternyata, setelah dikulik lebih dalam, Sangjit nggak kalah seru kok. Kemaren gue sempet nanya-nanya sama oma dan nyokap karena mereka jauh lebih ngerti. Setelah itu, gue juga nyari info di gugel, dan baca-baca blog orang. Intinya adalah, jumlah baki untuk Sangjit harus genap, tapi nggak boleh 4 atau 10. Jadi either 6, 8, atau 12 (yang ini maksimal). Gue dan R sepakat 8, karena 8 adalah angka kesukaan gue (trus?).

Itu masalah keranjangnya. Sekarang mari kita tengok isinya.

Jumlah isi keranjang yang akan dibawa dan diberikan oleh pihak laki-laki dan perempuan itu berbeza. Ada yang sama sih (karena dikembaliin), tapi kebanyakan beda. Makanya, pembahasannya gue pisahin ya.

Yang pertama adalah items yang akan dibawa dan dikasih sama R ke gue:

- Seperangkat perhiasan -- biasanya langsung dipakein sama mamanya R sih.
- Uang Mahar -- tapi ini entar dibawa pulang lagi. Ngambil ujungnya doang. HIKS.
- Uang Susu -- yang ini buat mamah.
- Baju & Daleman
- Tas & Sepatu -- biasanya ini jadi sepatu pengantin. Hooo, berarti Louboutin boleh ya, R?
- Seperangkat alat make up -- YAAAAY!!
- 3 jenis buah, jumlahnya harus genap -- di 3 nampan. Syaratnya harus manis. Lambang kedamaian, kesejahteraan, rejeki. Diambil sebagian, abis itu dibawa balik sama R.
- Lilin merah 2 pasang -- 1 pasang dikembaliin ke R.
- Kalengan Kaki Babi -- atau bisa digantikan dengan makanan kaleng.
- 6 Kaleng kacang polong -- buat capeng wanita
- 2 Botol Arak / Champagne -- sebagai balasan, gue bakalan kasih R sirup merah.

(Horeee! Abis Sangjit-an kayaknya bisa buka Total Buah Segar nih! Zzz.)

Sedangkan yang harus gue kasih dan balikin ke R adalah :

- Kemeja dan celana
- Pakaian dalem -- aku pilihin yang renda-renda ya R?
- Iket pinggang dan dompet
- Jam tangan dan parfum
- Kaos kaki dan sepatu
- 3 jenis buah -- yang sebagian udah gue ambil.
- Kue, permen, cokelat -- apapun yang sifatnya manis. Diabetes, deh.
- 2 Sirup Merah -- Marjan Cocopandan!

Trus nyokap gue kudu nyiapin angpao buat dibagiin ke sodara atau temen R yang bawain nampan. Jadi yang mau cari sambilan... silahkan daftar ke R ya. Ehehe.

Sementara ini dulu sih tentang Sangjit-an. Gue dan R belum belanja sama sekali sampe sekarang, jadi daftar ini masih mungkin banget bertambah berubah. Stay tune for the update!

No comments:

Post a Comment