Monday, September 15, 2014

His Birthday

DISCLAIMER :
Please, demi postingan ini gue sampe nambahin satu jenis label baru. *meringis*

-

Jadi orang perfeksionis dan ambisius itu ternyata capeeek sekali ya pemirsa. Gue baru tau dan ngerti hal ini di minggu-minggu terakhir menjelang ulang tahun R.

Ceritanya, gue nyiapin beberapa kado buat dia. Yes, beberapa. Tadinya mau milih satu dari beberapa ide (Wish Card or Open Letter or Pop Up Card), tapi lagi-lagi gue ngerasa kayaknya kalo cuma satu nggak cukup decent. Akhirnya gue mutusin mengeksekusi semua ide yang mungkin dieksekusi.

WRONG.

Kenapa gitu?

Pertama, masalah waktu. Gue cuma punya kurang dari satu bulan, belum kurang sama kesibukan kantor dan jadwal pacaran pas weekend. In the meantime, gue harus bisa (belajar dan) bikin pop up card, bikin wish card, nulis surat dalam bahasa Inggris, nyari ide untuk open letter, serta yang paling anyar, bikin party hat.

Keliatannya kecil-kecil dan gampil, kan?

Tapi kenyataannya, perintilannya jadi banyak, karena gue ngotot bikin semuanya sendiri. Akhirnya dua minggu sebelum ultah R, kerjaan gue cuma muter-muter Gramedia. Udah gitu, gue kan suka over konfidens. Belom punya prototype mantep, udah belanja bahan. Begitu mau dipake, ada aja yang salah atau masih kurang. Gimana nggak mondar-mandir Gramedia? *gelar tenda*

Plus, last minute gue baru ngeh ternyata suratnya cukup banyak. Dua belas biji. Dan baru nyadar juga, bikin pop up card yang bagus ternyata susye. Pas jadi, begitu dibandingin sama bikinan profesional yang ada di gugel, bawaannya langsung pengen sobek-sobek punya sendiri rasanya. Kenapa punyaku kok buruk rupaaaa :(

Tambah lagi di masa-masa persiapan itu, gue justru jadi banyak masalah sama R.

I kept those stuffs from R, sama sekali bukan dengan maksud mau ngasih surprise, tapi lebih ke arah supaya dia nggak expect apapun. Because I know for sure I'm not born extra creative. Gue paling gak bisaaa bikin-bikin beginian. Tapi ultah R selalu jadi pengecualian buat gue.

Gue pikir, jelek bagus belakangan deh, tapi at least gue niat dan nyoba. Semoga itu cukup buat bikin dia bahagia, regardless bentukan finalnya.

Kembali lagi ke masa-masa pembuatan kartu dan surat, kami berdua malah lagi sering-seringnya ribut gede. Kadang, kerjaan nulis surat sampe harus ditunda karena mood gue berantakan gara-gara berantem sama R. Kadang ngerjain kartu sambil berlinangan air mata. Apalagi kemaren itu R sempet ada gejala Tifus dan sakit hati (literally). Makin jadi deh cengengnya gue.

Tiap ngerjain pop up card, bawaannya nanya sama diri sendiri, "Sampe kapan ya, Tuhan masih ngasih gue kesempatan buat bikin kartu kayak begini?" seolah R mau mokat. Abis itu air mata jadi beleleran. Trus panik karena takut netesin kartunya. Drama, lah.

Trus, waktu yang gue punya buat ngerjain proyek ini kan sebenernya cuma after office hour. Tapi ternyata gak segampil itu. Biasanya, balik dari kantor, badan gue modenya udah low battery. Sisa tenaganya cuma bisa buat makan sama mandi. Abis itu harus dicas. Makanya rute gue biasanya meja makan - kamar mandi - tempat tidur. Udah.

Nah semenjak ngerjain birthday project ini, gue kudu menyisipkan meja belajar di antara kamar mandi dan tempat tidur. Bahkan kadang kamar mandi dilongkap, langsung meja belajar trus lanjut tempat tidur. Senin minggu lalu, malahan gue gak pernah sampe ke tempat tidur. Boboknya di meja belajar. *elusin pinggang encok*

Intinya adalah capek. Dari mulai susah nyari tempat buat ngeprint, begadang ngelipetin amplop, kesilet cutter (karena akhirnya gue nyerah pake gunting), hasil gak sesuai harapan, surat yang grammar-nya masih aut-autan tapi gak sempet betulin karena waktunya mefet, hadiah awal yang ketauan R karena gue kelepasan pas berantem, hadiah plan B yang gak kebeli karna gue gak punya duit, dst dst dst.

Tapi akhirnya, semua air mata, keringet, dan usaha gue terbayar waktu ngeliat senyum bahagia R di hari ulang tahunnya. Semua lelah, capek badan, sakit kepala karena kurang tidur yang seminggu kemaren selalu gue keluhkan, akhirnya lenyap waktu dia nyium ujung kepala gue dan bilang bahwa dia suka (surprise dan) kadonya.


Suddenly, what I've done for his birthday felt totally worth it.

That was his birthday. The one who I love until I would do anything (even beyond my power) to draw his smile. The one I would gladly die for his happiness. The one I would catch a grenade for, willingly.

(Halah, padahal mah cuman bikin pop up card doaaaang! Boro-boro nangkep granat.)

Dan hari itu, disaksikan hand made pop card amatir, dua belas surat, dan sebuah gulungan berisi tiket konser, entah untuk keberapa kalinya, gue jatuh cinta lagi. Dengan orang yang sama. Sang calon suami.

Happy birthday, R. I love you :)

No comments:

Post a Comment