Friday, May 2, 2014

Hey, Dad! I Love You!

Mengakhiri bulan April dan mengawali bulan Mei, gue lalui dengan menyadari betapa bokap gue sangat sangat sayang sama anak perempuannya yang udah mau nikah ini (baca: gue (Gak usah tanya-tanya kapan! Aku bosaaaan!)). Selama ini kayaknya gue kelewat gatau diri sampe nggak ngeh, tapi kemarenan, karena ada peristiwa hebat yang menghantam gue dan R, akhirnya gue berasa ditampar sama kenyataan kalo bokap gue tuh baiknyaaaa. Beneran deh. Boleh mukanya galak dan tegas banget, tapi hatinya? Duh, sama gue aja kayaknya lembutan dia.

Begindang kisahnya.

30 April 2014, gue bertengkar lagi sama R. Yes, that curse still follows us. Not actually berantem sih, cuma akhirnya pokoknya gak enak banget. Gue nangis sampe bengep parah, R pulang dengan pikiran kacau dan kebut-kebutan. Untung malaikat maut lagi pada long weekend-an. Gak kenapa-kenapa pacarku itu, biarpun dia nyetir gila-gilaan.

Singkat cerita, jam satu malem sampe jam setengah dua subuh itu masalah masih dibahas aja. Pagi-paginya (yang untungnya libur), telerlah gue sama dia. Duh apalagi R itu hobinya masuk angin. Terang aja begadang sampe jam segitu, besoknya langsung meriang. Intinya, dese sakit, gue snewen, masalah kami beloman kelar.

In the other hand, nyokap gue diundang lunch sama keluarga besarnya dese karena kakaknya ulang tahun. Bokap, yang kebetulan baru kelar beresin rumah, capek banget sehingga menolak untuk ikut. Akhirnya gue pun ikutan batal karena sepupu akrab gue ternyata nggak dateng. Yang akhirnya nemenin nyokap cuma adek gue, sedangkan gue dan bokap makan siang di rumah.

Makan siangnya pake apa? Sayur bakut dingin (karna gue kurang lama manasinnya) dan nasi dingin (karna nyokap gue gak masak). Nevertheless, it was... delightful. Gue sama bokap itu orangnya sama. Kaku banget. We never try to express our love with nice words, hug, moreover kiss. Jarang banget. Tapi kalo lagi ngobrol berdua begini, I could really feel his tenderness and love towards me.

Balik lagi, karna masalah gue sama R makin menjadi-jadi, akhirnya gue berkesimpulan, ini gak bakalan bisa kelar lewat whatsapp atau telpon deh. Gue harus ngomong langsung sama dia. Masalahnya : R sakit. Tambah lagi : hari buruh (Sudirman dan HI gak mungkin di lewatin). Tambah lagi : rumah gue di Fatmawati, rumah dia di Senen. Pikiran gue awalnya, mau naik Transjakarta sampe Sarinah, abis itu baru nyambung naik taksi. Tapi karna Sudirman dan HI lagi rame karna demo, TJ harus dicoret dari list. Mau nggak mau, gue harus naik taksi dari rumah gue sampe ke rumah R.

*hela nafas* Abang taksinya mau nggak ya kalo kira-kira gue jual diri buat bayar argo? *nangis*

Again, karena nggak punya pilihan lain, yaudahlah ya. Biar bobol tabungan juga gapapa, asal ini masalah kelar. Gue capek mewek melulu tiap malem :'(

Bokap gue, begitu denger niat ini, mencoba menahan dengan segala cara. Dese bilang takut macet juga, trus takut R-nya malah jadi nggak istirahat kalo gue ke sana, dan sebagainya. Pokoknya intinya, kalo bisa gue jangan pergi. Actually I know the reason sih. Dia gak pernah suka gue naik taksi (atau kendaraan umum) sendirian. Tapi berhubung gue durhaka waktu itu udah mumet banget mikirin masalah ini nggak kelar-kelar, gue ngotot mau pergi. Akhirnya bokap gue mengiyakan, dengan catatan, kudu dianter beliau. Gue oke, beliau ganti baju dan siapin motor.

Sue me, people.

Di perjalananpun gue baru menyadari betapa jahatnya gue ini. Udah cuma di rumah berdua sama bokap, lah ini gue malah mau ninggalin dia sendirian. Trus dia sama sekali nggak marah atau komplen waktu nganterin gue, padahal jarak rumah gue dan R relatif jauh. Sampe setengah perjalanan, gue kepingin banget minta bokap puter balik dan nemenin dia di rumah aja. Tapi gue... malu. 

Akhirnya gue cuma nangis diem-diem di dalem helem. Man, gue umur 22 tahun, udah mau nikah, dan sekali ini, pacaran masih musti dianter sama bokap. You would never know how broken my heart was. Udah gede, kerjanya kok nyusahin aja sih? :")

Ditambah lagi, beliau gak pernah ngeluh. Apalagi protes. Sama seperti bakut yang kurang panas, dan nasi yang dingin, malah dia kelihatan sangat ikhlas. Sempet terbersit di pikiran gue, kayaknya beliau tau gue dan R lagi ribut, dan ada sesuatu yang harus kami bereskan. Jadi akhirnya, dia ngalah. Ikhlas menghabiskan liburannya di rumah sambil berbenah, sementara istri, dan kedua anaknya semua di luar dengan kesibukan mereka masing-masing.

Malemnya pun, waktu gue pulang sama R (baikan nih yeee~), kemudian makan malam sama bokap, nyokap, dan adek gue, dia sama sekali nggak keliatan lelah. Masih bercanda-canda, gak ngeluh, bahkan gak marah sama nyokap perkara nasi dingin. He never complaints. He always accepts everything gracefully.

Gaaaah I love him. To the bones. And I'll do anything to see his smile. Anything.

No comments:

Post a Comment