Thursday, May 8, 2014

Bye, Diamond Ring!

Berhubung gue adalah pecinta filem-filem drama Hollywood, sejak puber, gue hapal mati kalo komposisi dilamar itu adalah man on his knees, speech manis dan cincin berlian. Gak harus berlian actually, tapi lazimnya begitu (hello, Tiffany & Co.!). Dan sampe di tahap ini, HANYA perempuannya yang pake cincin -- kalo lamarannya diterima. Lakinya belom. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan resepsi. Naaah di situ, baru deh tukeran cincin.


Jadi total keseluruhannya, ada tiga cincin ya sodara-sodara. Si perempuan dapet dua cincin, satu cincin tunangan, satu cincin nikah. Kalo di Amiriki sana, biasanya cincin tunangan dan cincin nikah si perempuan itu bisa disatuin. Jadi memang default design-nya nyatu, tapi yang ada berlian / aksen batu lainnya diambil untuk proses melamar.

Gue, yang bertahun-tahun teracuni (atau sukarela meracuni diri?) dengan konsep ini, tentu saja langsung bilang sama R, "aku mau dilamar pake cincin. Nggak usah berlian beneran nggak apa-apa, tapi mau cincin." Itu harga mati yang gue kasih ke R.

Tamu undangan di adjust? Boleeeh. Tempat resepsi diganti? Boleeeh. Makanan diaturin mamah? Boleeeh. Tapi cincin lamaran gak boleh diganggu gugat. Gue gak mau dibantah khusus untuk masalah ini. Because I crazily want the moment. Udah mimpiin bertaun-taun bok, abis gue bilang, "YES!" dan dia bakalan makein cincin itu di jari gue. Pokoknya biar cincin dari ciki juga telen aja deh (tapi R, masa sih kamu tega?). Nyang penting kudu cincin.

Jadilah kemaren pas ke wedding expo itu, kami nggak cuma ngeliat cincin kawin, tapi ngeliat dan survei harga cincin berlian juga. Mak, ngiler banget gue ngeliat berlian soliter berbagai bentuk berjajar di etalase. Kepengeeen. Tapi, berhubung waktu itu R udah menyanggupi masalah cincin, gue sama sekali nggak khawatir. He will grant my wish, pasti deh. Sabar aja sekarang maah. Nikahnya juga masih lama kok.

Sampe persis kemaren malem, tiba-tiba R ngasih tau kalo ternyata maminya bilang, dalam adat Chinese, ngelamar itu kagak pake cincin. Pakenya kalung, non. Bukan cincin. Malahan harom hukumnya ngasih cincin ke si CPW kalo belom nikah.

...

Mau mewek nggak lo?

Berhubung gue kepingin itu cincin bukan karna harganya tapi karena momen dan artinya, tentu saja berita ini beneran mematahkan hati dan semangat. Duh. Gue gak pernah liat di filem-filem orang dilamar pake kalung huhuhu. Maunya cinciiin, tanteee. Maunya cinciiin, calon suamekuuuh. :(

Tapi, karena takut kualat sama calon mami mertua, dengan berat hati, akhirnya gue memutuskan untuk nurut. Yaudahlah, kalo emang harus kalung, be it. Sedih sih, tapi toh masih bisa ngarepin cincin berlian buat wedding anniversary kan?

Ya tapi kan momennya beda, nonaaaa.

Iya sih. Hiks. :(

PS : Padahal di wedd expo itu gue sampe udah ngukur jari dan ngasih tau ukurannya ke R lhooo. Udah ngarep banget lah pokoknya. Buyar deh sekarang :(

1 comment:

  1. Hahahahaha ngakak baca ini :))

    Sar, ini persis bangeeet kejadian di aku dah. Udah keracunan that so-called western proposal, eh ketemunya calon suami yang keluarganya punya adat "lamaran itu ya dikalungin, bukan dikasi cincin" speechless. OMG hancur udah mimpi masa kecil~ hoahahhaaha *lebay ya but its true* :)))))

    Ah, been reading your blog and this one sejak belom pacaran, punya pacar, and now it's all getting real to me :)) terutama berantem2 parah itu, yes I am dealing with it now. Hahahahhahahhaa. *malah curhat*

    ReplyDelete