Friday, January 29, 2016

D-Day - Holy Matrimony

Sepanjang perjalanan menuju ke MGK Kemayoran, gue dan R ngulang-ngulang janji nikah di dalem mobil. Janji nikah kami ini nggak dibikin sendiri, alias udah default dikasih sama Gereja, dan suruh apalin, karena nanti kagak boleh baca maupun pake contekan. Udah gitu, panjaaaang. Tiga kalimat aja sih, tapi komanya ribuan. Huhu.

Dari pas BPN, sebenernya gue udah rada panik. Pasalnya, gue kan gampang nervous yak kalo diliatin banyak orang gitu. Nah, meskipun janji nikah ini udah gue apalin dari H-6 bulan, tetep aje kalo gugup mah, jadinya pasti blank. *nangis*


Perkara janji nikah ini, di mobil, gue mulai panik dan gelisah lagi. Gimana kalo nanti tiba-tiba lupa? Gimana kalo R lupa? Gimana kalo gagap dan malah sama sekali nggak bisa ngomong? Gimanaaa :(

Untung suamiku itu pengertian luar biasa. Doi yang udah paham gue anaknya kelewat overthinking dan hobi stress-in segalanya, langsung berusaha ngelawak supaya gue ketawa. Mengingat ini merupakan salah satu keahliannya dari jaman pdkt, tentu dia berhasil. Sejenak, gue lupa sama segala kepanikan gue.

Sampe di MGK, kami langsung digiring ke ruang tunggu. Pas lewat, gue sempet ngintip ke ruang pemberkatannya, dan ternyata udah penuh. Kebanyakan orang Gereja dan keluarga kami berdua sih. Tapi ya Gustiii, gugupnyaaaa. Pingin balik ke hotel, trus ngumpet di balik selimut aja rasanya. Huhu.

Tepat pukul 11 kurang 15 menit, kami semua diinstruksikan untuk berbaris sesuai urutan yang udah dikasih tau pas gladi resik. Dimulai dari R dan bestman, bokap dan nyokap R, koko dan cici R, nyokap dan adik gue, kedua bridesmaids gue, dan yang terakhir, gue dan bokap.

Begitu R dikasih kode untuk mulai jalan, gue langsung menegakan postur, berusaha melupakan sakit kepala dan mual yang masih gue rasain, dan melatih sepotong senyum. Ketika tiba giliran gue dan bokap untuk jalan, gue nyempetin untuk ngambil nafas dalem-dalem, sebelum melangkahkan kaki.


Di dalem ruangan pemberkatan, gue dan bokap disambut oleh tepuk tangan riuh undangan yang udah hadir. Sebuah lagu dinyanyikan oleh song leader diiringi permainan keyboard. Tapi, seolah semua keramaian itu berada di ruangan lain, mata gue cuma terarah ke R. Dari gue muncul di pintu, R udah senyum-senyum di depan sana.

My soon to be husband... dalam beberapa menit lagi. Ganteng amat sih kamu?


Ketika gue dan bokap nyampe  persis di depan altar, beliau menjabat tangan R, sebelum memberikan tangan gue kepada R. Pertanda tugasnya untuk merawat dan membesarkan gue sudah selesai. R-lah yang akan menggantikan dirinya untuk menjaga dan membahagiakan gue. Gue masih sempet denger bokap bilang sesuatu sama R, yang isinya kurang lebih meminta R untuk menyayangi dan menjaga gue baik-baik.

Berhubung gue deket sama bokap, momen singkat itu langsung berhasil meremukan hati. Memunculkan lagi rasa bersalah yang kemarenan sempet gue pertanyakan dalem hati. Terlalu cepetkah gue nikah? Rasanya belum ada yang gue lakukan untuk bikin bokap gue bahagia, sekarang kok udah mau di'bawa' sama calon suami?

Gara-gara itu, bahkan sebelum pemberkatan nikah-nya sendiri mulai, air mata gue udah netes-netes. Berenti bentar pas khotbah, karena gue kelewat tegang mikirin janji nikah, yang musti kami lakukan setelah ini.


Puji Tuhan, segalanya lancar. Meskipun R sempet diem karna lupa kalimat ketiga, tapi di detik ke 30, sebelum gue bener-bener kena serangan jantung, akhirnya doi inget. Ketakutan gue terbukti berlebihan. Fyuuuh.


Kami berdua berhasil menyelesaikan pengucapan janji nikah dengan lantang dan gagah, di hadapan pendeta dan jemaat. Semoga usaha untuk menepatinya juga kuat sampe akhir hayat ya. Amiiin :)

Janji nikah selesai diucapkan, kami saling menyematkan cincin nikah di jari manis masing-masing.



Kemudian, kami berlutut di tempat yang disediakan, untuk diberkati, sebagai sepasang suami istri.



Bisa ditebaklah ya, di sini, tanggul air mata gue kembali jebol. Campuran antara perasaan bahagia, khawatir, dan terharu jadi satu ngaduk-ngaduk perasaan dan bikin gue hampir nggak bisa berenti sesenggukan. Dikira kawin paksa deh nih, sepanjang acara mewek melulu...

Selesai diberkati, kami berdiri, R membuka veil, lalu mencium kening gue. Pendeta gue iseng nanya, "Udah nih, keningnya aja?", yang dijawab dengan nggak kalah usil sama R, "Sisanya nanti malem aja, oom."

Puahahahaha. Dasar gelooo! *jitak*

Acara dilanjutkan dengan ucapan terima kasih sama orang tua. Sungkeman, nama populernya. Di sesi ini, gue dan R langsung menolak mic yang disodorkan oleh song leader. Biarlah ini personal aja. Nggak usah seisi ruangan denger. Lagian buat anak durhaka kayak gue mah, ketika list dosa-nya sepanjang hayat, I would gladly off without mic. Nggak usah juga seruangan tau jelek-jeleknya gue di masa lalu (aja? ah masa?) yekaaan?

Pertama-tama, kami menghadap mami papinya R. Seperti tebakan gue sebelumnya, suamiku ini tak mampu mengucapkan sepatah kata pun. Setelah diem beberapa saat, doi langsung bergerak maju untuk meluk mami papinya sambil berlinang air mata. Nyokapnya R juga nangis, yang mana akhirnya membuat gue yang tadinya bertekad nggak nangis, langsung latah dan terisak-isak juga.


Di depan nyokap bokap gue, isak tangis gue makin menjadi-jadi. Instead of saying thank you (seperti judul acaranya), gue malah minta maaf karena selama ini banyak nyusahin, dan sampe sekarang rasa-rasanya gue belum bisa bikin mereka bangga sama apapun yang gue lakukan dalam hidup gue.

Ketika gue bergerak maju untuk meluk bokap, detik itulah gue ngeliat sebutir air mata turun di pipinya. Rasanya ada tangan tak terlihat yang kenceng-kenceng ngeremes hati gue. Gue peluk bokap sambil nangis, dan semakin kejer ketika bokap gue nggak berenti bilang, "papa bakal kangen banget sama kamu."


Setelah itu gue peluk nyokap, sambil bisik-bisik minta maaf, lalu kembali ke depan altar, dengan mata yang udah sembab luar biasa. Sedih sekali rasanya ngeliat bokap nyokap gue nangis, huhu.

Pendeta yang memberkati gue dan R sampe berusaha menghibur bokap gue, meyakinkan bahwa gue nggak ke mana-mana koook. Wong nanti pasti masih sering main ke rumah. Pernikahan nggak akan pernah melunturkan status anak di mata orang tua.

Kami diberi waktu sebentar untuk menenangkan diri, sebelum acara dilanjutkan dengan pemberian Alkitab dari Gereja untuk gue dan R, lalu disusul dengan persembahan buah sulung dari kami berdua untuk Gereja.


Setelah itu, acara ditutup dengan doa, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan penandatanganan dokumen catatan sipil.

Bapak dan Ibu Gembala GBI Sudirman

Geng mamiku tersayang. Girls Power ya tant!

Mine

Roy's

Gue tanda tangannya kayak di bawah tekanan ya... :)))

Puji Tuhan acara pemberkatan nikah kami berdua berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Akhirnyaaa, sah jadi Mrs. Saputra! Tinggal hura-huranya aja deh nanti malem. Bring it on!

PS : Terima kasih sedalam-dalamnya kepada Om Lim, Tante Tini, serta seluruh pengerja GBI Sudirman yang terlibat untuk pelayanannya. Tuhan Yesus memberkati! :)

5 comments:

  1. Gue pas baca bagian sungkeman mau ikut nangisssss huhuhuhu. Sedih banget bacanya. Apalagi pas bokap lo ngomong begitu :"(
    Btw itu foto terakhir kayak lagi ttd sambil diancam Roy banget yaaaaaaaaa hahahahah

    ReplyDelete
  2. Oliv : Akupun nulisnya sambil mewek :( Tiap inget-inget, sampe sekarangpun masih suka termehek-mehek :(

    HUAHAHAH iya tuh, lupa waktu itu Roy lg bilang apa, tapi posenya kayak lg ngasih instruksi gitu :)))

    ReplyDelete
  3. Masa aku jadi ikutan nangis bacanya, apalagi liat langsung nih. Ayo lanjutin lagi ditunggu cerita selanjutnya :D

    ReplyDelete
  4. Sedih bgd ya kl pas sungkeman sama ortu.
    Iya bener aku msh sering kepikiran blm bs ksh apa2 buat ortu bener ga ya kl mw merried skg. Jadi tambah galau :(

    ReplyDelete
  5. Icha : *berpelukaaaan* :'))))

    He eh, lagi ngumpulin mood buat nulis cerita mengenai resepsi nih :))))

    Selvi : Iyaaa :((( Satu-satunya yang bikin aku masih ragu nikah sampe deket-deket hari H ya itu, kok rasanya belum bisa bikin apa-apa buat mereka, tau-tau udah mau 'pergi' aja :(((

    Tapi semakin ke sini, makin ngerasa kayaknya pemikiran kayak gitu salah XD

    Kita masih bisa kok bikin bahagia dan bangga ortu, bahkan setelah nikah :) Soalnya kan nggak semua pernikahan bikin karir dan pendidikan stop kaaan :D

    So, there's still a chance, asal kitanya mau work for it! Semangat yaaa! :D

    ReplyDelete