Monday, June 29, 2015

BPN - KB & Kehamilan

Udah hampir sebulan, setiap Jumat setelah R pulang kerja, kami berdua menempuh perjalanan dari Plaza Senayan menuju ke Graha Arteri Mas. Lokasi persisnya di Kedoya, dan waktunya adalah hari Jumat, after office hour.

Kebayang nggak macetnya?

Kalo nggak kebayang, mari gue ceritain. Pertemuan pertama, gue telat satu jam. Kelasnya satu setengah jam, gue telat sejam. HOREEE! Untung nggak diusir pake sapu sama pengajarnya. Pertemuan kedua sampai keempat, mendingan. Gue dan R paling telah setengah jam, berkat nyari-nyari jalan alternatif. Itupun, makan malemnya kudu di mobil.

Jadi dari rumah, gue bawa dua kotak bekal. Begitu ketemu R, sambil nyetir, doi gue suapin. Kelar nyuapin R, baru gue makan. Nggak mungkin makannya setelah BPN, karena selesainya antara jam 9 sampe setengah 10. Keburu pingsan dong...

Lagian kalo laper, mana bisa konsen belajar, kan? (Padahal kalo kenyang juga nggak konsen sik, secara ngantuk, cyin...)

Pelajaran yang gue dapet di BPN ini tentu saja seputar kehidupan berumah tangga, kayak komunikasi antar suami istri, pengelolaan uang, sampe seks. Delapan kali pertemuan, pengajarnya ganti-ganti. Kalo pas dapet yang asik, ya asik. Kalo pas dapet yang bosenin, ya ambil guling, trus bobok.

By far, pelajaran yang paling menarik dan bikin gue dan R diskusi panjang sepanjang perjalanan pulang adalah topik kehamilan dan KB.

Gue dan R sering banget ngomongin ini, dan BPN kemaren somehow enlighten us more. Pertama, gue jadi tau kalo metode KB dengan menggunakan spiral nggak dianjurkan. Selama ini gue yakin banget mau spiral karena nyokap udah pake tahunan. Tapi setelah tau cara kerja dan alasan mengapa alat KB ini tidak direkomendasikan, niat itu langsung gugur. Gue dan R sepakat memilih metode KB lain.

Pengajar kami juga mengupas dengan dalam seputar kehamilan dan persalinan. Dari mulai pertumbuhan janin dalam kandungan, sampe proses 'brojol'nya. Banyak pengetahuan baru yang gue dapet, buat bekal ke depan pas hamil dan mempersiapkan kelahiran anak.

Hal lain yang bolak-balik ditekankan oleh pengajar kami adalah, terkait KB dan kehamilan, harus ada kesepakatan antara suami dan istri. Which I think is true. Jangankan masalah KB, kalo udah nikah, apa pun keputusan yang diambil emang kudu sepakat dulu kan?

Termasuk masalah (kapan mau) punya anak.

Abis punya anak kan komitmen seumur hidup alias nggak bisa di undo ya. Nggak ada tuh, namanya, aduuuh punya anak nggak enak ya ternyata. Repot! Capek! Belom siap! trus anaknya dimasukin lagi ke dalem rahim. Nggak bisaaa.

Makanya gue super hati-hati. Ketika memutuskan untuk punya anak, gue nggak kepingin itu murni hanya dorongan emosi. Karena ada tanggung jawab yang guedeee banget dibalik keputusan itu. Dan tentu, gue dan Roy harus sudah siap secara fisik, finansial, dan yang terpenting : mental.

Masalahnya siapnya kapan? Tau siapnya gimana?

Alhasil gue dan R bolak balik diskusi lagi sampe capek, karna R maunya nyerahin semuanya sama Tuhan, karena Tuhan yang tau kapan kami berdua siap. Iya, gue setuju. Tapi ya kalo berserah dan pasrah tanpa usaha kan nggak bener juga. Mau nunda kehamilan tapi nggak pake alat KB ya sama aja boong.

Setelah debat lumayan lama, akhirnya kami memutuskan untuk mencari jalan tengah. Penundaan kehamilan mungkin tetep dilakukan, walopun nggak lama-lama. Jadi gue bisa dengan santai adaptasi jadi istri, sebelum nanti adaptasi sekali lagi untuk jadi ibu.

Niatan ini mungkin banget berubah ke depannya, secara deep down inside, gue juga kepingin banget cepet punya anak. Cuma belum berani aja. Belum percaya diri sanggup dititipin seorang manusia lagi. Takut gue dan R nggak mampu menjaga dan merawat dengan baik.

Tapi kok ya seneng, ngebayangin little R lari-larian di rumah... *eaaaa*

4 comments:

  1. ECIYEEEEEEEE uhuy! *suit suitin* hahaha. Kalo alasan gue nunda selain karena mau beradaptasi dengan kehidupan pernikahan dan hidup di rumah mertua, juga karena gue kok ya ga yakin gue itu udah pantes untuk punya anak. Hahaha. Rasanya masih mikir, 'minta' dititipin ciptaan Tuhan, tapi udah pantes belum ya jadi role model untuk ciptaan Tuhan tersebut. Kalo ngomel aja masih suka 'cursing', mulut masih suka jahat ngomongin orang (huahahah), dan masih suka egois... Tar kalo dititipkan ciptaan Tuhan, bisa ga ya ngasih dia value2 kehidupan yang bagus, dan membesarkan dia menjadi manusia yang memuliakan Tuhan? Satu sisi sih sadar bingit kalo emang Tuhan titipin ya mestinya dengan penuh kesadaran ya kita jangan sampe let HIM down lah yaaa. Tapiiii.. *untel-untelin ujung baju sambil nunduk* :P Apalagi akhir2 ini di facebok ada temen kuliah yang dengan gencarnya menuangkan kekesalan dia sama mertuanya, trs menunjukkan bahwa dia benci sama mertuanya. Nah karena dia lagi hamil, jadi kadang status facebooknya pun seakan-akan dia lagi ngobrol sama anaknya, bilang tar sayangnya sama oma yang satu lagi aja (orang tua dia) dll dst dsb. Pokoknya disebutin deh hal2 buruk dari mertuanya. Bacanya langsung makin mikir, Lah ini manusia belum lahir aja udah diajarin untuk sebel, benci... gimana ntar pas udah lahir? Bakal digedein jadi manusia kayak apa? Trus akoh malah sutris, Sar! Hahahahahahaahahgoblokemang. Yah tapi dengan kesadaran begini mudah-mudahan bisa menjadi orang tua yang mengajarkan kebaikan dan kasih kepada anak-anak :D
    *panjang ya, sekalian jadi novel aja apa nih komen?* LOL.

    ReplyDelete
  2. Oliv : I KNOW RIGHTTTT??? *CAPSLOCK GA SANTAI* Plis banget aku pun ngerasain hal yang persis samaaa :))) Rasanya ngurus diri sendiri aja kadang belom becus, dititipin satu manusia lagi, bisa ga yaaa? T___T Belom lagi adaptasi jadi istri, di lingkungan baru, tugas dan tanggung jawab baru, dst. Kalo harus langsung adaptasi jadi ibu, aku kok khawatir aku stres :))) Ditambah lagi, tanggung jawab punya anak menurut akoh itu guedeeee banget lho, secara diriku nggak gampang percaya sama orang kalo urusan anak, termasuk baby sitter. Nah kalo udah begitu, berarti smuanya urus sendiri. YAKIN BANGET UDAH SANGGUP SIS?

    (BELOOOOM....) T_T

    ReplyDelete
  3. Ikutan nyahutin di background: BELOOMMMM T_T
    Dan kayak kata kamu, punya anak itu kan ga bisa di 'undo' ye. Jadi aku bilang ke koko, pengennya sih menikmati dulu masa berdua ini sebisanya. Karena ntar kalau udah punya anak, ya bakal terus aja tetep ada si kecil ngintilin kemana-mana. Dan ngintilin pun ga perlu physically, karena seandainya mau quality time berdua pun gue ga jamin sih pikiran gue ga ke anak melulu huahahahaha. Tapi ya dibawa dalam iman aja kali ya? Hahaha. Amin! :p

    ReplyDelete
  4. Oliv : TUL BETUL! Aku juga maunya gitu, biar nikmatin masa-masa jd suami istri dulu, deh. Kalo udah punya anak, waktu berduaannya juga otomatis makin sedikit. Atau kalopun ada, kayak yang kamu bilang, ga bakalan bisa sepenuhnya menikmati juga, secara otaknya mikirin anak :)))

    But then again, kalo rasa 'nggak siap'nya dipikirin melulu, kita ga bakalan sampe di titik 'berani', nggak sih? *PLIN PLAAAN YA SISSSS* :))

    ReplyDelete